Resep Masakan Indonesia

Resep Masakan Indonesia

Resep Ayam Pop Khas Padang Sederhana

Resep Masakan

Resep ayam pop khas Padang sederhana. Ayam pop adalah olahan dari daging ayam yang berasal dari Sumatra Barat Minang kabau. Hidangan dari rumah makan Padang, seperti restoran Simpang Raya, Restoran Pagi Sore, dll ini termasuk salah satu hidangan ayam goreng tanpa kulit yang lezat dan gurih, namun yang membedakan ayam pop dengan ayam goreng lainnya adalah ayam pop memiliki warna yang masih putih pucat ketika selesai dimasak. Hal ini dikarenakan sebelum digoreng, ayam yang sudah diberi bumbu direbus terlebih dahulu di dalam rebusan air kelapa dan bawang putih yang sudah dicincang, setelah itu ayam baru digoreng sebentar di dalam minyak panas agar matang sempurna dan memperoleh sedikit tekstur renyah. Ayam pop biasanya didampingi dengan samba lado tomat (sambal tomat, terbuat dari cabai giling yang dicampur dengan tomat yang dicincang) dan sayur daun singkong rebus. Berikut resep ayam pop komplit.

Resep Ayam Pop Padang

Bahan :

1 ekor (± 700 g) ayam kampung muda
6 siung bawang putih, haluskan
1 1/2 sdt garam
2 sdm air jeruk nipis
500 ml air kelapa
Minyak goreng
Daun singkong rebus untuk pelengkap

Bahan Sambal :

6 buah cabai merah rebus
8 butir bawang merah rebus
2 buah tomat rebus
15 mata petai tua
1 sdt garam
4 sdm minyak goreng
75 ml air panas
2 sdm ikan teri tawar kecil goreng

Cara Memasak Ayam Pop Padang :

Buang kepala, leher, dan kaki ayam, belah badannya menjadi 4 bagian, kupas dan buang kulitnya. Lumuri ayam dengan campuran bawang putih, garam, dan air jeruk nipis, sisihkan selama 30–45 menit.
Masukkan ayam ke dalam wajan, tuang air kelapa, jerang di atas api. Masak di atas api sedang dengan wajani tertutup hingga ayam lunak dan cairannya mengering. Bila ayam belum lunak, tambahkan air panas secukupnya.
Sambal: Haluskan cabai merah, bawang merah, tomat, petai, dan garam (bisa juga dihaluskan menggunakan blender). Panaskan minyak dalam wajan, tumis bahan sambal hingga berbau harum. Tuang air panas, kecilkan apinya, masak terus hingga cairannnya mengering, angkat. Pindahkan sambal ke dalam mangkuk kecil, tambahkan teri goreng, aduk.
Panaskan minyak yang banyak dalam wajan, celupkan ayam rebus sebentar saja asal ayam berlumur minyak, angkat, tiriskan.
Taruh ayam di atas piring saji, hidangkan selagi panas dengan pelengkap daun singkong rebus dan sambalnya
Sajikan untuk 4 porsi.


  • Artikel (Resep Masakan)dari kategori yang sama

    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
     

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.


    削除
    Resep Ayam Pop Khas Padang Sederhana
      Komentar(0)